6 Software Simulasi Jaringan Yang Wajib Anda Coba

Di dalam pembelajaran jaringan komputer, kita akan lebih mudah untuk memahami konsep jaringan melalui rangkaian komponen yang disajikan dengan menggunakan suatu program simulasi atau yang dikenal dengan Network Simulator Software.

Dibawah ini saya akan memberitahu sedikit pengertian dari Simulasi, Simulator dan Simulasi Jaringan yang saya kutip dari beberapa sumber di mesin pencarian Google. Langsung saja Anda simak penjelasan di bawah ini

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Akasi melakukan simulasi ini secara umum menggambarka sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.

Simulator adalah program yang berfungsi untuk menyimulasikan suatu peralatan, tetapi kerjanya lambar daripadda keadaan yang sebenarnya.

Simulasi Jaringan merupakan virtual reality simulation yang digunakan untuk menirukan tabiat dari proses dan sitem jaringan sesuai dengan dunia nyata. Berbagai percobaan dapat dilakukan dengan mengubah model pada simulasi. Penggunaan simulasi ini dapat membantu untuk menguji hal yang terlalu beresiko jika dilakukan secara nyata.

Jaringan memang saat sangat menarik untuk dipelajari apalagi sekarang semua sudah mulai serba canggih dan serba jaringan. Namun sering sekali kita kesulitan untuk mempelajarinya dikarena keterbatasan alat dan peralatannya pun cukup mahal. Tapi Anda tidak perlu kawatir, saya disini akan memberikan software simulasi jaringan.

Berikut 6 Software Simulasi Jaringan

1. Cisco Packet Tracer

Software Simula Jaringan

Cisco Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering sekali digunakan media pembelajaran, pelatihan dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Software Cisco Packet Tracer ini dibuat oleh Cisco System dan disediakan secara gratis untuk penggunanya.

Tujuan utama dibuatnya Cisco Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan.

Dengan memakai Cisco Packet Tracer ini, kita bisa melakukan simulasi konfigurasi pada device jaringan seperti aslinya. Tentunya dengan adanya Software ini, pastinya akan lebih menghemat biaya.

2. GNS3

Software Simulasi Jaringan

GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih real dibandingkan dengan simulator lainnya. Software ini dapat dijalankan di berbagai  OS (system operasi) contohnya seperti; Windows, Linux, atau Mac OS. Yang lebih hebatnya lagi, simulasi jaringan yang kita buat di GNS3 ini dapat kita koneksikan ke jaringan nyata, jadi Anda seperti belajar di lab virtual sungguhan.

Yang lebih kerennya lagi GNS3 ini bisa Anda download secara gratis untuk penggunanya. Jadi Anda tidak perlu lagi ambil pusing untuk membeli alat simulasi jaringan satu persatu.

3. iNetwork

iNetwork merupakan interaktif learning yang mengajarkan penggunya tentang jaringan. Software ini dikembangkan di University of Technology Sydney (UTS) oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjananya.

iNetwork dibuat menggunakan bahasa C# Net Framework. Cara menggunakannya juga sangat mudah, karena dibuat berbasis GUI.

4. Netnotep

Netnotep ini hampir sama dengan iNetwork namun tampilan lebih simple dan sederhana tetapi rekomendasi untuk Anda mencobanya. Netnotep juga bisa Anda gunakan utuk membuat Planning Jaringan Untuk sebuah perusahaan, warnet, dan lainnya.

Selain itu Anda juga bisa presentasi menggunakan software ini dan menjelaskan satu persatu. Yang lebih kerennya lagi, Software ini bisa Anda download secara gratis dan sangat mudah menggunakannya serta hasilnya juga sangat maksimal.

5. Virtual Box

Sofware Simulasi Jaringan

Virtualbox adalah software gratis milik Oracle yang fungsi utamanya adalah memvisualisasikan sebuah atau banyak Sistem Operasi (OS) di dalam Sistem Operasi utama kita. Jadi Anda tidak perlu punya banyak komputer untuk memakai atau menguji beberapa Sistem Operasi.

Fungsi dari Virtualbox

Mencoba Operation System apapun
Virtualbox dapat memainkan semua siste operasi baik itu menggunakan Windows, Linux atau lainnya. Virtualbox juga dapat digunakan untuk mengujicoba OS baru.

Sebagai alat untuk membuat simulasi jaringan.
Di dalam Virtualbox Anda juga dapat membuat banyak mesin virtual dan memainkannya sekaligus. Hebatnya lagi Anda juga dapat menggabungkan semua mesin yang aktif tadi dalam satu jaringan. Seolah-olah Anda mempunyai banyak komputer yang terkoneksi.

Virtualbox ini dapat dijalankan disemua OS.

6. Winbox

Software Simulasi Jaringan

Winbox adalah sebuah software atau utility yang digunakan untuk meremote sebuah server mikrotik kedalam mode GUI (Graphical User Interface) melalui operating System.

Sedikit penjelasan dari mikrotik

Mikrotik adalah sistem operasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP Network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, Provider hotspot dan warnet.

Mikrotik juga berfungsi sebagai pengaturan koneksi internet yang dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolahannya.

Beberapa fitur dari Mikrotik:

IPsec
Firewall dan NAT
Hotspot
Web Proxy
DNS Client
DHCP
Universal Client
NTP
Routing, dan masih ada lagi lainnya

Demikian artikel hari saya sampaikan. Terimakasih telah berkunjung

0 Response to "6 Software Simulasi Jaringan Yang Wajib Anda Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel