Konfigurasi FTP Server Pada Debian 8

Beberapa hari yang lalu saya di sekolah ditugaskan untuk mengkonfigurasi FTP Server pada Debian 8. Mungkin beberapa dari kalian yang jurusannya Teknik Komputer dan Jaringan pernah mendapatkan tugas seperti ini.

Buat Anda yang belum tahu cara konfigurasi FTP Server pada Debian 8, saya akan memberikan tutorial cara mengkonfigurasi FTP Server pada Debian 8. Sebelum masuk ke pembahasannya, saya akan menjelaskan sedikit pengertian dan tujuan membuat FTP Server ini.

Apa Itu FTP Server?

Konfigurasi FTP Server Pada Debian 8

File Transfer Protocol atau bisa disebut juga dengan Protokol pengiriman berkas adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan applikasi yang merupakan standar untuk pengiriman file yang berada di komputer.

FTP Server merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan sampai sekarang masih digunakan untuk melakukan pengunduhan file dan mengupload berkas-berkas komputer antara client FTP dan server FTP.

FTP menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol) untuk berkomunikasi data antara client dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data yang akan dimulai.  FTP sendiri menggunakan metode autentikasi standar, yakin hanya login menggunakan username dan password.

Apa Perbedaan FTP Server dengan FTP Client?

FTP Server merupakan server yang bertugas untuk memberikan layanan pengiriman atau menukar data kepada FTP Client dengan syarat FTP Client harus request terlebih dahulu kepada FTP Server.

FTP Client merupakan perangkat yang meminta sebuah layanan tukar-menukar data kepada FTP Server.

Dalam FTP Server, terdapat 2 metode yang bisa diterapkan diantaranya yaitu:

a. User Authentication Login adalah metode yang membuat sebagai pengguna yang ingin mengakses sebuah FTP server terlebih dahulu harus mempunyai username dan password.
b. Anonymous Login adalah metode yang memungkinkan orang/public bisa mengakses FTP Server secara anonim tanpa harus memiliki username dan password.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Kelebihan dari FTP

  • FTP dapat mempermudah dalam mengunggah dan mentransfer data 
  • Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus, jadi tidak perli repot-repot lagi untuk mengupload satu-persatu
  • FTP tentunya juga dapat saling tukar menukar berkas (file)

Kekurangan dari FTP

  • FTP merupakan cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file, dikarenakan file tersebut dikirimkan tanpa enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear txt.
  • Desain FTP masih sangat lemah sehingga bisa mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang sedang dihadapi. 


Bahan-Bahan Yang Harus Dipersiapkan

  • Komputer
  • Software Oracle VirtualBox 
  • Koneksi Internet
  • DVD Debian 8

Jika sudah siap semuanya, langsung saja kita mulai mengkonfigurasinya.

Cara Konfigurasi FTP Server Pada Debian 8

Saya disini menggunakan Software VirtualBox untuk konfigurasi FTP Servernya

1. Langkah pertama silahkan buka VirtualBox dan Install Debian 8 terlebih dahulu

2. Jika sudah selesai menginstall, langkah selanjutnya adalah silahkan Anda login menggunakan user root dan password

3. Mengecek IP apakah sudah mendapatkannya atau belum, untuk mengcek IP Anda bisa menggunakan perintah ip a atau ifconfig. Oiya disini saya menggunakan IP DHCP, jika Anda ingin mengubahnya menjadi static, Anda bisa menggunakan perintah nano /etc/network/interfaces


Mengecek IP Linux Debian

4.  Jika sudah mendapatkan IP, langkah selanjutnya kita mengubah mirror link lokasi Indonesia di Debian 8. Perintah untuk mengubah mirror linknya adalah nano /etc/apt/sources.list tekan CTRL + X kemudian Y untuk menyimpan hasil yang sudah di edit tadi.

Jessie Main

5. Jika sudah selesai mengubah mirror linknya, silahkan update dengan menggunakan perintah apt-get update

apt-get update

6. Jika sudah selesai mengupdate, silahkan ketik perintah apt-get install proftpd disana terdapat dua pilihan, Anda tinggal memilih standalone seperti gambar di bawah ini

Menginstall Proftpd

7. Untuk membuat folder baru, masuk ke cd /home kemudian ketik perintah mkdir "nama folder yang diinginkan" sebagai contoh saya membuat nama foldernya menjadi experiment

Membuat Folder Baru

8. Langkah terakhir adalah buka browser Anda, kemudian ketik ftp://ip_server Anda, kemudian masukan username dan password yang telah dibuat tadi.

Login Menggunakan Browser

9. Jika sudah berhasil Login, maka akan muncul gambar seperti ini. Itu tandanya Anda telah berhasil.

Tampilan Homepage

Dengan ini Anda bisa mentransfer berkas (file) sesuai keingin.  

Demikian artikel hari ini saya sampaikan. Terimakasih telah berkunjung

3 Responses to "Konfigurasi FTP Server Pada Debian 8"

  1. Terimakasih mas ilmunya, sangat membantu saya sekali dalam melakukan konfigurasi FTP Server di debian saya.

    ReplyDelete
  2. Kebetulan hari ini saya mendapat tugas yang sama yaitu konfigurasi FTP server pada debian 8... Terimakasih atas ilmu yang sudah di share.

    ReplyDelete
  3. hallo 🙂
    kunjungi juga web saya ya https://codetani.blogspot.com/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel