Cara Melihat MAC Address di LInux

MAC Address - Halo sobat online. Kali ini saya akan memberikan penjelasan cara melihat MAC Addres di Linux. Sebelum masuk ke penjelelasannya, saya akan memberitahu sedikit tentang MAC Addresss

Apa itu MAC Addresss?

MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam lapis tujuh layer OSI, yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC Address sering disebut juga sebagai Ethernet Address, Physical Address, atau Hardware Address.

Dalam sebuah jaringan berbasih Ethernet, MAC Address merupakan alamat yang sangat unik yang memiliki panjang 48-bit (6byte) yang mengidentifikasikan sebua komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam sebuah jaringan.
Dengan kata lain MAC Address digunakan sebagai membedakan dan mengenal masing-masing keunikan host.

Lansung saja caranya saya beritahu:

  1. Buka Terminal Kalian dengan cara CTRL + ALT + T
  2. Ketik di terminal: ifconfig - Fungsi dari ifconfig adalah melihat informasi seperti IP Address, MAC Aaddress dan lain-lain. Masih cara lain untuk melihatnya.contohnya:
  3. Ketik di terminal: ifconfig wlan0 - Maksud dari perintah ini adalah untuk melihat suatu interface yang kita inginkan. Misalnya kita ingin melihat informasi interface waln0
  4. Ketik di terminal: ip addr dev eth0 - Maksud dari perintah ini untuk melihat MAC Address pada linuk
  5. Ketik di terminal: macchanger -s wlan0 - Fungsi utamanya untuk melihat MAC Address dan juga berfungsi untuk mengganti MAC Address ( fake MAC Addresss).

0 Response to "Cara Melihat MAC Address di LInux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel