Cara Melihat Daftar Driver Yang Sudah Terinstall di Windows 10


Cara Melihat Daftar Driver Yang Sudah Terinstall di Windows 10 - Sesekali mungkin Anda perlu ketahui spesifikasi daftar driver yang sudah Anda install di Windows. Cara untuk melihat driver yang sudah terinstall di Windows 10 Anda bisa menggunakan Command Prompt (CMD) maupun dari device manager. Dengan hal ini Anda bisa tahu jenis perangkat keras semacam VGA, Audio, Monitor, LAN, RAM, dan perangkat keras komputer lain yang secara kesat mata tidak bisa Anda lihat.

Jika komputer atau laptop terdiri dari perangkat keras, tentunya juga ada banyak driver yang terinstall di komputer atau laptop yang Anda miliki. Namun tidak semua driver perangkat keras harus diinstall karena sebagian perangkat keras dapat menggunakan driver bawaan sistem operasi. Bila Anda ingin mengetahui driver apa saja yang terinstall, Anda dapat melihatnya menggunakan Command Prompt (CMD) bisa juga menggunakan device manager. Cara ini bisa digunakan di windows 7 maupun windows 10.

Cara Melihat Driver yang Sudah Terinstall Menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows

Berikut ini adalah cara panduan cara menampilkan driver Anda yang sudah terinstall di komputer atau laptop menggunakan Command Prompt (CMD).

1. Silahkan jalankan Commant Prompt terlebih dahulu dengan cara menekan tombol kombinasi di keybord Win+R. Cara lain Anda juga bisa mencari di menu search ketik cmd tanpa ada spasi kemudian jalankan Command Prompt tersebut.

2. Jika sudah masuk ke tampilan Command Prompt, ketik perintah "driverquery" dan kemudian tekan enter. Maka otomatis Command Prompt akan menampilkan driver yang Anda install di komputer atau laptop Anda. Dari daftar yang ditampilkan terdapat empat buah kolom yaitu: Module Name, Display Name, Driver Type dan Link Date. Seperti gambar di bawah ini.


Untuk mendapatkan daftar driver yang sudah di install di komputer atau laptop Anda lebih rinci, Anda dapat menggunakan printah "driverquery /FO list/v".Maka otomatis Commad Prompt akan menampilkan seperti gambar di bawah ini.

Cara Melihat Driver yang Sudah Terinstall di Windows Menggunakan Device Manager

Langkah pertama pastikan Anda sudah membuka Device Manager baik dari Wndows explore maupun kontrol panel.

Jika Anda menggunakan windows explore, pilih Computer > Properties jika kurang jelas lihat gambar di bawah ini.


Dari properties windows, Anda bisa melihat detail spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan, seperti spesifikasi, memory, processor, dan sistem operasinya. Selanjutnya Anda klik "Device Manager" Seperti gambar di bawah ini.



Maka otomatis akan membawa kehalaman berikut ini, disini Anda bisa melihat driver yang sudah terinstall di komputer atau laptop Anda. Contohnya seperti: Driver audio, Bluethooth, LAN, WiFi, Sound,VGA, dan masih ada lagi driver lainnya.

Demikian artikel Cara Melihat Driver yang Sudah Terinstall di Laptop atau Kompter Anda. Terimakasi telah berkunjung.

0 Response to "Cara Melihat Daftar Driver Yang Sudah Terinstall di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel