Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum

Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum

Banyak sekali para publishing yang bertanya-tanya, Bagaimana sih cara meilhat artikel yang sudah terindex Google atau Belum? Memamng setiap artikel yang telah Anda publish atau posting cepat atau lambat akan terindex di mesin pencaharian.  Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui kenapa Anda harus melakukan pengecekan postingan artikel anda di mesin pencaharian, tentunya hal ini sangat penting juga untuk blog, jangan sampai Anda memposting artikel setiap hari, tetapi artikel Anda tidak terindex, kalau hal itu terus dibiarkan maka akan mengakibatkan buruknya peringkat dan akan bermasalah juga pada traffic.

Kalau artikel sudah terindex langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan peringkat terhadap kata kunci yang sudah Anda pilih. Misalkan, saat ini artikel Anda mendapatkan peringkat ke-12, supaya bisa naik menjadi peringkat ke 10 besar, maka Anda bisa menentuka langkah apa saja yang pelru di ambil untuk menaikan peringkat.

Misalnya kalau artikel Anda belum terindex, Anda bisa memikirkna apa saja yang perlu dilakukan supaya artikel yang sudah Anda posting segera terindex. Kalau tidak dicek maka Anda tidak bakalan tahu hasilnya. Jangan sampai Anda sudah capek-capek dan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk membuat artikel tersebut kemudian artikelnya tidak terindex pastinya Anda bakalan kecewa ya kan.

Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengetahui sebuah artikel yang sudah terindex Google atau belum. Mari Anda simak dibawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Blog Yang Sudah Terindex di Google Atau Belum

#1. Menulis URL Halaman

Cara yang pertama ini yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah URL dari artikel yang ingin Anda cek  artikelnya sudah terindex di Google atau belum. Sebagai contoh misalnya kemarin saya baru saja mempublikasikan atau memposting sebuah artikel yang berjudul Website Terbaik Belajar Coding Secara Gratis. Anda bisa mengcopy URL artikel tersebut kemudian pastekan ke mesin penelusuran atau pencarian Google.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum dengan Cara Menulis URL Halaman

Jika artikel Anda berhasil ditemukan seperti gambar diatas ini, itu artinya artikel Anda sudah berhasil terindex di mesin pencarian Google. Jika sebaliknya,

Artikel yang sudah Anda posting tidak muncul di mesin pencarian Google, artinya artikel Anda belum terindex di mesin pencarian Google.

#2. Menulis Judul Halaman 

Cara yang kedua kurang lebih agak-agak sama, hanya saja yang ditulis di mesin pencarian Google menggunakan judul artikel. Hasilnya pasti akan menampilkan artikel semua blog dan website yang memiliki judul yang serupa. Kalau artikelnya berda di halaman paling terakhir kan jadinya terlalu susah untuk mencarinya. Maka dari itu Anda perlu menambahkan kalimat tambahan site: untuk membantu memudahkan pencarian.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum dengan Cara Menulis Judul Halaman

Jika artikel Anda muncul di mesin pencarian maka otomatis artikel Anda sudah terindex di mesin pencarian Google. Jika tidak muncul artinya artikel yang sudah Anda publikasikan tidak muncul di mesin pencarian Google.
Jika artikel Anda belum terindex di mesin pencarian Google, sebaiknya Anda gunakan bantuan Google Search Console. Silahkan Anda daftarkan terlebih dahulu jika belum mendaftakannya. Jika sudah selesai daftar, langkah selanjutnya silahkan submit URL setiap postingan artikel Anda di Google Search Console agar artikel segera mendapatkan pengindeksan pada mesin pencarian Google.
#3. Bantuan Melalui Google Search Console

Cara terakhir ini bisa Anda lakukan sesudah mendaftarkan akun Anda ke Google Search Console seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi.

Langkah copy URL artikel yang ingin Anda minta untuk pengindeksan.

Selanjutnya buka halaman Google Search Console, jika sudah masuk ke halaman pertamanya, pilih menu 'Inspeksi URL' kemudian 'Masukan URL' lalu klik 'Uji URL Aktif' langkah selanjutnya 'Minta Pengindeksan ( Request Indexing )' dan yang terakhir klik 'Uji URL Aktif ( Test Live URL )'.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum dengan Cara submit ke Google Search Console

Gambar Selanjutnya

Submit Google Search Console

Demikian artikel hari ini saya sampaikan. Terimakasih telah berkunjung

3 Responses to "Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google Atau Belum"

  1. Memang seharusnya kita harus mengecek artikel kita sudah terindex google atau belum... Artikel tidak terindex bisa terjadi juga karena link kita rusak... Thx infonya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel